Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Labels

Kamis, 26 Januari 2012

simulator itu penting bagi Taruna/Taruni Lulusan SMK Pelayaran

Apakah simulator itu penting bagi Taruna/Taruni Lulusan SMK Pelayaran

 foto Taruna Teknika 

Setelah kita lulus dari ujian nasional ada kalanya yang ingin melanjutkan dengan berburu ijasah tingkat IV bagi kita yang lulus smk Pelayaran.  Tentunya masing-masing sekolahan ada yang mengatur atau mengkomando Taruna/Taruni yang berminat mengikuti ujian Povesi PRA PRALA. Di Indonesia ada 5 PUKP ( Panitia Ujian Kepelayakan Pelaut ). Kebetulan yang saya ikuti kemarin pada bulan oktober  2010 kemarin yaitu berada di PUKP Semarang yang bertempatkan di PIP ( POLITEHNIK ILMU PELAYARAN ) Semarang. PUKP sendiri menjelaskan bahwa Persyaratan ujian Provesi Pra Prala bagi Taruna/Taruni lulusan SMK yaitu :
  1. Ijazah terakhir, yaitu ijazah SMK masing-masing ( photo copy legalisir )
  2. KTP                ( photo copy )
  3.  AKTA kelahiran ( photo copy )
  4. Transkip Nilai ( nilai dari tangkat satu sampai tingkat tiga )
  5. Photo Copy Surat Akreditasi B dari DIPERLA
  6. STL ( Surat Tanda Lulus mengikuti Simulator)
  7. Foto 2x3 (8 lembar )4x6 (8 lembar)
  8. Sertifikat Diklat Seperti BST,SCRB,MEFA dll bagi yang sudah membuat
  9. Biaya ujian ( Tergantung masing-masing sekolahan )
Beberapa persyaratan tersebut di kumpulkan dan biasanya ada guru pembimbing  yang mendaftarkan Ke pihak PUKP.
SIMULATOR
Salah satu syarat dari Ujian provesi tersebut yaitu mengikuti  diklat SIMULATOR selama 6 minggu ( di PUKP Semarang ). Kebetulan PUKP 5 Semarang masih nginduk atau nunut di PIP jadi Tempat dan dosenpun Sulit di dapat artinya dari pengalaman saya mengikuti diklat simulator tersebut sangat sulit sekali mencari dosen, kebetulan jurusan saya TEKNIKA ,dari sejak smk Teknik memang terkenal jam kosong selain gurunya yang sedikit juga memang sudah dari sananya atau gimana saya tidak tau. Tibanya Kuliah padahal Cuma 6 minggu ehh sama saja NAUTIK pelajaran Penuh TEKNIK banyak yang kosong kalogak kosong waktunya yang memang tidak menentu tergantung dosenya. Karena memang kita yang harus nyari tu Dosen. Dari masing-masing jurusan akan dipilih satu ketua yang bertanggung jawab mengatur  anak buah dan mencari dosen dan mengisi buku absensi. Jujur saja untuk NAUTIK saya tidak begitu Tau gimana pembelajaranya. Untuk Teknik bagiku simulator itu sangat penting dan sangat membantu karena akan mengulas p[elajaran yang belum atau mengulang dari pelajaran yang sudah kita pelajari sebelumnya di SMK. Pada saat simulator kita bisa mempelajari di antara lain :
  1. Mesain penggerak utama (MPU)
  2. Pesawat Bantu
  3. Listrik kapal
  4. Elektro
Dan lain-lain yang berhubungan dengan mesin. Simulator sendiri sangat berkualitas, di PUKP semarang  yang saya ikuti dosen yang bekualitas dan peralatan pembelajran yang lengkap , cukup senang juga memang. Tetapi yang saya herankan pelajaran dari simulator itu sendiri tidak ada hubunganya dengan ujian provesi Pra Prala.Pada saat ujian Provesi kita yang jurusanya teknik hanya empat mata pelajaran ( kalu tidak ada perubahan) yaitu :
  1. Hukum Maritim
  2. Teknologi Bahan ( Teknik Bahan)
  3. Ilmu Bangunan Kapal
  4. Gambar Mesin

1 komentar: